Saturday, January 5, 2013

Plagiarisme


ORISINAL atau  PLAGIAT  ???

Setelah membaca beberapa artikel tentang plagiarisme, saya semakin prihatin terhadap plagiarisme yang telah melekat di kalangan para mahasiswa untuk mendapat sebuah gelar sarjana. Pada intinya dua artikel tersebut sama-sama membahas tentang maraknya plagiarisme yang ada di berbagai daerah di Indonesia, yang dilakukan mahasiswa dari berbagai universitas, baik swasta maupun negeri.
Memang benar,mungkin sebagian besar dari para mahasiswa mengalami kesulitan dalam menentukan judul untuk skripsinya. Tapi, selain itu mereka juga tidak mau bersusah payah atau ambil pusing dalam menyelesaikan skripsinya tersebut. Maka, satu-satunya cara yang tepat adalah dengan membeli artikel yang kini mudah di dapat di berbagai tempat dan daerah.

Dan yang lebih memprihatinkan mereka mungkin lebih bangga dengan hasil plagiarisme tersebut, dari pada dengan hasil orisinal yang murni dari ide-ide diri sendiri. ini disebabkan karena mereka kurang percaya dengan ide-ide yang mereka keluarkan. Inilah yang menyebabkan seseorang malas dalam berfikir.
Kebanyakan dari mahasiswa tidak mau mencoba mengembangkan ide-ide yang keluar dari pikiran mereka, karena mereka tidak memiliki rasa percaya diri untuk mengembangkan ide-ide tersebut. Dan mungkin juga disebabkan karena mereka malas berfikir dan lebih memilih cara yang mudah dan instan, yakni dengan membeli skripsi.
Dan yang lebih parahnya lagi, mereka para plagiarisme tidak hanya sekedar plagiarisme. Tapi, mereka telah menjiplak skripsi yang telah mereka beli tersebut. Mereka hanya mengganti nama saja.
Akan tetapi, tidak semua mahasiswa menyelesaikan skripsinya dengan cara plagiarisme seperti di atas. Masih ada mahasiswa yang mengeluarkan ide-ide yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah skripsi yang orisinal. Memang berpikir secara orisinal tidak semudah yang kita bayangkan, apalagi banyak godaan dan kemudahan supaya kita tidak berpikir secara orisinal. Misalnya saja seperti internet, jual beli skripsi yang telah meraja lela. Nah, di sini kita dihadapkan oleh dua pilihan, mau pilih orisinal atau plagiat ???
Tentunya apabila kita ingin berhasil kita pasti akan memilih berpikir secara orisinal karena seperti kata pepatah yakni berakit-rakit ke hulu berenang-renang kemudian, bersakit sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Karena tidak ada keberhasilan atau kesuksesan yang di dapat tanpa usaha yang keras dan sungguh-sungguh.
Lain halnya apabila seseorang tersebut hanya menginginkan ijazah dan gelar sarjana, tentu dia akan memilih cara yang instan dan mudah, yakni dengan membeli skripsi tersebut.
Untuk itu, buat para mahasiswa, tentukan pilihanmu mulai sekarang orisinal atau plagiat ???

No comments:

Post a Comment