Saturday, January 5, 2013

Pentingnya Membaca


PENTINGNYA MEMBACA

     Sesuai dengan kata pertama dari wahyu pertama yang diterima oleh nabi Muhammad,  yaitu iqra’ yang mana dalam ilmu bahasa arab merupakan fiil amr atau kata perintah dari kata qara’a yang artinya membaca.
Selain dari wahyu pertama yaitu Q.S Al-alaq, kata qara’a juga bnyak dijumpai dalam kitab suci Al-Qur’an. Seperti yang disebutkan dalam artikel bapak yang diambil dari buku “Membumikan” Al-Qur’an, Mizan, 1993 yakni terdapat pada surah ke-17 ayat 14 dan surah ke-96 ayat 1 dan 3.

Dari bukti-bukti di atas sangat jelas sekali betapa pentingnya membaca sehingga Allah swt menyebutkan berkali-kali di dalam kitab-Nya (Al-Qur’an). Selain itu, ada pula pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela ilmu, dan buku sangat erat hubungannya dengan membaca. Jadi, dengan membaca saya dapat membuka cakrawala. Dalam artikel bapak juga disebutkan bahwa membaca merupakan jalan yang mengantar manusia mencapai derajat kemanusiaannya yang sempurna, karena pada hakikatnya manusia diciptakan oleh Tuhan untuk dapat mencapai kesempurnaan. Sedangkan untuk dapat mencapai pada kesempurnaan tersebut manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya membaca, karena dari membaca itulah kita akan memperoleh ilmu.
Selain kata qara’a, Al-Qur’an juga menyebutkan kata akram. Kata akram berasal dari bahasa arab yang artinya mulia, bernilai tinggi, terhormat, setia dan kebangsawanan. Dalam Q.S Al-alaq ayat ke 3 yang berbunyi iqra’ wa rabbuka al-akram. Maksud dari ayat tersebut adalah untuk meningkatkan minat baca, karena banyak manfaat yang dapat saya peroleh dari membaca. Diantaranya adalah seperti yang dituliskan dalam artikel bapak, yakni “Bacalah dan ulangi bacaan tersebut, Tuhanmu akan memberikan kepadamu manfaat yang banyak tidak terhingga karena Dia akram (memiliki segala macam kesempurnaan).
Demikian yang dapat saya tulis,mohon maaf apabila banyak kekurangannya. Terima

No comments:

Post a Comment