Saturday, January 5, 2013

Efek buruk membaca


Apakah membaca memiliki dampak negatif ???

Setiap sesuatu pasti memiliki  dampak positif dan negatif, begitu juga dengan membaca. Pasti memiliki dampak negatif dan positif.
Dalam artikel bapak telah banyak di paparkan tentang manfaat atau dampak positif dari membaca. Akan tetapi, apakah membaca juga mempunyai dampak negative ???
Saya pun mulai mencari informasi tentang dampak negatif dari membaca. Menurut dari artikel yang saya baca di internet, membaca juga mempunyai dampak negatif.
Di antaranya adalah :
·         Membaca sambil tiduran, selain bikin ngantuk juga bikin mata minus.
·         Resiko konsentrasi belajarnya berkurang. Saking sukanya memaca komik.
·         Kalau sedang membaca dia akan cuek dengan sekitarnya. Sehingga dia tidak menghjiraukan orang di sekitarnya.
·         Efek buruk dari membaca yang sebenarnya adalah apabila bahan bacaan yang tak sepatutnya dibaca atau yang memprovokasi.
·         Asyiknya membaca membuat posisi duduk menjadi melorot terus tiduran bahkan bablas tidur.
Secara pribadi saya sendiri kurang sepakat dengan dampak-dampak negatif di atas, karena pada dasarnya dampak negatif tersebut akan timbul jika kita tidak menempatkan posisi membaca dengan tepat dan benar. Maka dari itu kita harus membaca dengan posisi dan situasi yang tepat untuk mencegah terjadinya dampak-dampak negatif dari membaca. Dan yang lebih pastinya lagi membaca memiliki dampak positif yang lebih banyak dari pada dampak negatif nya.
Untuk itu,  kita jangan pernah takut untuk terus MEMBACA !!!!


Oleh : Badar Fatmawati

No comments:

Post a Comment